Frangipani Flower Lovely Little Garden: Lomba Tumpeng
There is a lovely little garden in a corner of my heart, where happy dreams are gathered to nevermore depart

Senin, 02 September 2013

Lomba Tumpeng

Bismillahirrahmannirrahiim,

Telaga Jambu Sawangan selalu membawa kesan di hati tiap kali pulang ke sana. Makin hari makin cinta saja dengan suasana di rumah itu, dan juga keadaan sekitarnya. Hari Ahad tanggal 1 September 2013 kemaren, adalah sebuah hari dengan  pengalaman yang membuatku makin ingin berlama-lama di sana.

Pagi hari, kumulai dengan menikmati semug kopi. Suasana pagi di Telaga Jambu amat sangat berbeda dengan rumahku di Kemanggisan, Jakarta Barat. Sebetulnya aku tak biasa minum kopi di pagi hari, tapi Telaga Jambu memang beda. Apalagi menikmati kopi dengan mug kesayangan ini. Mungkin lebay ya.. Tapi buatku, mug ini membuat kenikmatan kopiku menjadi bertambah. Hehehehe... Mug bergambar suami tercinta ini memang beda. Tuh kan... aku dibilang lebay. Biarin deh.


Ahad kemaren, di kompleks Telaga Jambu diselenggarakan Halal Bi Halal sekaligus penyerahan hadiah-hadiah lomba Tujuh Belasan lalu. Acara puncaknya adalah lomba membuat tumpeng per blok. Untuk blokku, ada pembagian tugas. Masakan ubo rampe tumpeng dibagi-bagi, dan menghiasnya adalah bagianku.

Lama juga sebetulnya aku tidak membuat tumpeng. Almarhumah ibu, dulu jago sekali membuat tumpeng. Beruntung aku sempat belajar dari ibu. Pernah mempraktekkannya, tapi sudah lama sekali. Maka Ahad kemaren, sambil mengingat apa yang diajarkan ibu dan dibantu tetangga, maka jadilah tumpeng kami seperti ini.

Taraaaaa....!


Seperti biasa... hanya bisa mengambil gambar pakai kamera hape yang ala kadarnya. Lumayanlah dari pada tak ada dokumentasinya. Gimana...? Lumayan ya.

Siang itu langsung dinilai dengan kriteria keindahan, kreatifitas dan rasa. Alhamdulillah tumpeng kami memenangkan juara 2. Cihuuuyyy...! Seneng banget rasanya.


Kegiatan itu membuatku semakin mengenal lingkunganku, tetangga-tetanggaku. Kebanyakan usia mereka lebih muda dari aku, maka tetap saja aku dipanggil dengan sebutan bunda. Tak masalah. Senang-senang saja.

Adakah teman-teman mau pesen tumpeng?




58 komentar:

  1. Menang lagi ya?
    Memang besar mujurnya bunda yang satu ini. Sayangnya tumpengnya gak dibagi buat aku... :D

    Selamat ya bund...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana juga mau bagi tumpeng ke Surabaya. Wegegegeg...

      Mujur? Jadi semua ini bukan karena kemampuan tapi kemujuran...? Huaaaa...

      Hapus
  2. Selamat deh bisa menjadi juara dua...
    nanti saya pesen tumpengnya untuk syukuran Dev kalo 17 thn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oohhh.. boleh mas. Masih 3 tahun lagi ya.
      Makasih ya...

      Hapus
    2. segitu hafalnya usia Dev, ehem0ehem!! :)

      Hapus
  3. selamat selamat selamat,
    memang sih, orang yang paling bahagia itu orang yang mujur... hehehe... selamat yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya deeh... bahagianya orang mujur ya... bisa ngalahin orang pinter. Bener gak sih? :D

      Hapus
  4. asik dahhhh... tambah semangat ke rumah bunda lahfy.. banyak masakan yang bunda bisa masak buat akuuu.. wkwkwkwk...

    tumpeng? pesan? ogah pesan! mintaaaa! hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... main ke rumah mau makan aja nih...

      Tuh kaan.. kok minta sih. Pesen dong buat acara wisuda. hahaha

      Hapus
    2. nyindiiiiiiiiiiiiiiiirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr


      hahahhaa.. ntar April aja ya Bund, pesen.. kalo besok aku mau minta aja :p

      Hapus
    3. Nasi kuning aja ya... nggak usah tumpeng. Ribet bener.

      Hapus
  5. mau tumpengnyaaaaa, kapan aq diajakin ke telaga jambu? ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan dong mas Topics main ke Jakarta? ^-^

      Hapus
    2. Yuk-yuk...
      Bawa sate bandeng dong.
      Hihihihi...

      Hapus
  6. Rumah baru ya, Mbak Niken? Kalau lingkungan rumah bikin kita merasa libur sepanjang hari, mestinya itu adalah rumah impian yg bakal dibetahi seumur hidup ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami belum pindahan ke sana. Baru weekend saja kami kunjungi.

      Hapus
  7. wah, saya sampek ngiler bunda liat tumpengnya

    jadi inget pas kuliah dulu, pernah juara 1 lomba tumpeng se fakultas, hehe

    dan pastinya abis lomba tumpeng disantap sama sama sampek habis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, mas Imam keren nih, juara 1 lomba tumpeng.

      Iya dong... Tumpeng-tumpengnya buat makan siang warga. Rame dan meriah :D

      Hapus
  8. tumpengnya kumplit banget
    kalo sampe kalah, jurinya lagi ngelindur kali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngelindur di siang hari... Hihihi...

      Hapus
    2. sejak di kalimantan aku ga pernah nemu tumpeng lagi bu
      ga ada seremonial potong tumpeng disini. adanya potong kerbau. eh bukan potong ding, wong ditusuk pake tombak

      Hapus
    3. Tiap daerah punya cara sendiri ya dalam berseremonial.

      Bu'e Ncit dong yang buat tumpeng. Kan bisa terima pesanan nanti.

      Hapus
  9. Wuih... tumpengnya bikin ngiler nih mba.... :)

    BalasHapus
  10. wah,kok sama kita bund...saya kemrin juga lomba tumpeng perblok di perumahan tmpat saya tinggal,juara tiga,,lumayan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kok iya sih, sama. Selamat ya mbak Hanna dapat juara 3. Ternyata biar sedikit il;mu bisa bermanfaat juga ya.

      Hapus
  11. Ketrampilan tangan Jeng Niken ibarat midas, apapun yang disentuh jadi berhasil indah. Sentuhan di kibod jadi buku dan sedang memproses kumcer. Sentuh tumpeng pun jawara. Selamat trus berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mbak Prih terlalu memuji. Semua kan atas ijin Allah.

      Kita saling mendoakan demi kebaikan bersama ya mbak.

      Terima kasih.

      Hapus
  12. Bunda ajarin buat tumpeng dong, gak pernah buat tumpeng nih :)

    BalasHapus
  13. Tumpengnya bikin ngiler. Itu ingkung ayam kok koyo ngawe awe.. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Titi pasti bisa buat yang lebih keren lagi nih. Secara dirimu kan jago masak.

      Hapus
  14. Ihiiir, mugnya nampang nih yee. .. :)

    Selamat ya, Bund. Emang jago dalam urusan masak2. Kratifitas dalam membuat tumpeng tuh suaah lho. Sayangnya tujuh belasan kemarin di Desa saya tidak ada lomba tumpeng. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... modus sekalian pamer tuh Idah.

      Namanya juga emak-emak. Ya gimana lagi... Urusan dapur aja deh yang dipikirin :D

      Hapus
  15. waah teteh bagi resepnya doong :))
    ata tumpengnya aja dikirim kesii,hehe..
    jadi nget waktu 17an tahun lalu lomba tumpeng di kampus, dah bikin gede2 gak enak,jd kalah :(

    salam EPICENTRUM
    jangan sungkan buat mampir juga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.... memang sih buat tumpeng itu nggak cuma modal kreatifitas aja. Tapi juga rasanya. Jadi harus memenuhi semua kriteria itu.

      Sudah mampir ke sana mas. MahaMeru nya indah banget.

      Hapus
  16. ngingetin jaman sekolah dl ikutan lomba tumpeng..btw telur buanyaak bgt ya mb :)) *mupeng euuyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mbak Enny, jaman sekolah dulu ada lomba buat tumpeng. Seru aja makan barengnya sesudah dinilai.

      Itu bukan telur semua loh. Perkedel dibuat bulat-bulat kecil dan telur puyuh.

      Hapus
  17. Ini menarik bu ...
    ada efek sampingnya nih ...
    efek sampingnya adalah ... keakraban yang semakin terbina antara tetangga

    salam saya Bu Niken

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya om Nh... sekarang jadi lebih akrab sama tetangga setelah bekerja sama dalam acara itu.

      Salam kembali Om

      Hapus
  18. selamat ya mbak :)

    tumpengny acantik deh, komplit, jadi lapar nih melihatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak. Rasanya juga enak loh... Nasi kuningnya itu loh yang diserbu duluan.

      Hapus
  19. Jadi ingat, waktu SMP dulu ada lomba membuat tumpeng jg Bun, aku yg hias dan kelasku menang juara 3 hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh.. hebat nih Orin. Ternyata biar hobi ngebolang tapi juga punya rasa seni tinggi ya.

      Hapus
  20. seharusnya itu juara 1 bunda hehe,,,tumpeng nya lucu,,apalgi yg diatas nya itu :D
    selamat ya bunda ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuuu...! Hihihi...

      Makasih mbak Izzawa

      Hapus
  21. Selamat ya mbak :)

    Berbakat tuh, pasti tidak jauh dari Ibunya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Titis.

      Ibuku jauh lebih hebat. Tak ada apa-apanya nih.

      Hapus
  22. Selalamat ya Mba.....
    Jadi ngiler lihat tumpengnya...... He,,,,, he,,, he,,,,

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berwisata suka nemu tumpeng nggak mas Indra?

      Hapus
  23. Selamat yah Umi juara tumpengnya..
    kali kalo bikin usaha terima pesenan tumpeng, namanya Tumpeng Juara Dua yah Umi, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, Ranii ada-ada aja. Nggak mau ah pakai nama itu. Pakai nama Lahfy Catering ajaah ^_^

      Hapus
  24. Bagus sekali tumpengnya Bu,
    jarang sekali aku makan tumpeng kayak gini.. habis juara dimakan bareng2 kan? hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Wahyu, habis lomba, tumpengnya diserbu deh.

      Hapus
  25. wah, asyik banget. tumpengnya pa ya abis tuh ga dilempar ke cimanggu? selamat mbak, semoga utang masakin seafood bs diganti ma tumpeng dan kawan-kawan, hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... masih punya utang ya aku? Kapan ya bisa bayarnya? Ambil sendiri ke sawangan pokoknya.

      Hapus