Frangipani Flower Lovely Little Garden: Not Available
There is a lovely little garden in a corner of my heart, where happy dreams are gathered to nevermore depart

Senin, 10 Juni 2013

Not Available

Bismillahirrahmannirrahiim,

Mudah sekali rasanya hati ini terpengaruh oleh sesuatu yang bisa menimbulkan resah. Kalau mau dibilang penyebabnya hal sepele ya bisa saja, tapi kalau mau dibilang serius ya bisa juga. Aku merenungkan sesuatu dari sebuah kejadian. Tulisan ini sebagai pengingat untuk diriku sendiri, tapi semoga juga bisa diambil hikmahnya oleh teman-teman semua.

Efek dari membuat GA Review Berhadapan Blogcamp, ternyata membuatku mendapatkan sesuatu. Pada saat aku mengecek Page Rank blog mbak Esti Sulistyawan, aku juga sekalian mengecek page range blog Lovely Little Garden ini. Akhir tahun 2012 blog ini sudah pecah telor dengan berPR 1. Lumayan, sudah ada angkanya. Namun apa yang aku lihat pada layar kemaren itu, sungguh membuatku tertegun.


Kaget rasanya melihat kenyataan yang diberikan sama om Google. N/A atau not available! Si Om nggak kenal Lovely Little Garden. Hmmm, rupanya ini dampak dari ganti URL bulan Maret lalu. Bukan berganti ke doamin berbayar, hanya mengganti URL dari niken-bundalahfy.blogspot.com menjadi bundalahfy.blogspot.com. Pergantian itu tentu ada sebabnya. Meski aku tak paham, tapi kenyataannya adalah postingan-postinganku tidak bisa terupdate pada blog teman-teman yang mencantumkan URL Lovely Little Garden pada blogrollnya. Tulisan yang terakhir tercantum adalah tulisan pada bulan Januari, sedangkan aku baru menyadarinya bulan Maret. Update tulisanku juga tidak bisa masuk ke fanpage Warung Blogger dan Blog of Friendship.

Dengan bantuan mas Lozzakbar, akhirnya masalah itu beres. Jadi sejak 16 Maret lalu aku memakai URL yang sekarang. Pantas saja om Google nggak kenal. #alesan. qiqiqi. Harus segera melakukan tips-tips dari komandan Blogcamp nih untuk meningkatkan kinerja blog.

Dari kejadian itu, saat aku berangkat tidur, aku merenungkannya. Mencoba mengambil hikmah dari hal itu. Kalau untuk masalah PR saja bisa membuat galau, dan greget. Untuk menaikkan PR, blogger akan berupaya banyak hal, seperti makin rajin menulis, banyak mengikuti GA dan kontes, melakukan promo blog di berbagai media sosial, dan lainnya.  Kita akan segera berguru pada teman-teman yang dianggap mampu membantu kita, agar PR meningkat dengan baik dan benar.

Lantas...

Bagaimana dengan ibadah?

Apakah yang kita lakukan pada saat keimanan kita sedang turun? Kemanakah kita pergi saat resah, gelisah, setress datang pada diri kita? Ke tempat hiburan? Nonton, rekreasi, karaoke, shopping atau sekedar sightseeing. Selesaikah semua masalah hidup dengan melakukan semua itu? Atau hanya sesaat saja sirna, namun segera kembali kita rasakan karena hati kita memang belum jernih menerima.

Ataukah kita datang dan berkumpul dengan orang-orang yang bisa membawa kita untuk kembali meningkatkan keimanan? Sejauh mana kita berupaya dengan baik dan benar dalam meningkatkan ibadah kita? Seberapa besar usaha kita dalam mendekatkan diri kita kepada Allah, memohon kepada Allah sebagai pemilik hidup kita?

Duh, Niken... Jangan terlena. Jangan salah memilih tempat untuk menghilangkan keresahan. Tak perlu jauh-jauh, bahkan di atas sajadah saja bisa membuatmu kembali menjadi tenang. Tumpahkan segala keresahan dan kesulitan pada Allah. Jaga ibadahmu. Jaga ibadahmu.

Jadi, ayo ah menulis, semoga bisa menaikkan Page Rank dan tetap jaga ibadah. Insya Alloh bisa.


42 komentar:

  1. semangaaaattttt... aku PR jadi 2 aja nunggu setahuunnn....

    BalasHapus
  2. penurunan emang suka bikin resa, ya. Makanya di'ciptakan' charger supaya kita gak berlama-lama down krn terjadi penurunan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Myra. Dicas biar penuh semangatnya :)

      Hapus
  3. Jatuh bangun dalam kehidupan itu hal biasa, justru terkadang adalah cambuk kecil agar kita tak terlena saat sedang berada di posisi nyaman. Begitu juga dengan naik turunnya PR blog mbak, hihi. AKu juga dulu pernah ngalaminya kok, untuk si Healty Life, yang sempat PR 2, eh kok malah terjerembab di titik NOL. Sedih, tapi aku langsung menganggapnya sebagai peringatan utk lebih rajin update, promosi dan bersilaturrahmi dg gunakan dirinya.

    Sepakat banget dengan dirimu, Mbak, bahkan di atas sajadah pun kita bisa beroleh ketenangan kembali, jika kita melakukannya dengan penuh kesadaran, ikhlas dan sepenuh hati. Yuk, semangat in balancing this life! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempat kaget waktu menatap layar kemaren, tapi tarif nafas panjang saja menyadari kalau memang kenyataannya demikian. Lanjutkan saja langkah.

      Balancing our life, Yuuukk aaah!

      Hapus
  4. Berkumpulah sama penjual minyak wangi, biar tetap beraroma surgawi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Insan jual mminyak wangi nggak?

      Hapus
    2. jual minyak goreng dijual diwarung2 termasuk warung blogger

      Hapus
  5. kehidupan itu ada naik turunnya ya bun, gitu juga iman yazid wa yangkus. mari men chargenya..semngat kembali :)

    BalasHapus
  6. Blog saya http://DietAsyik.blogspot.com tadinya gak pernah saya "niatin" utk dapet pagerank dr Om Google. Sering saya telantarin, jarang ditengok, dan jarang diupdate. Padahal blog ini sumber mata pencaharian saya loh :D Beberapa waktu lalu iseng ngecek, ealaah loh kok Pagerank-nya 1. *bingung

    Jadi mikir, blog yang "jarang diurus" aja bisa dpt pagerank dr Om Google, lah gimana kalau blog dirawat dengan baik? Akhirnya saya jadi semangat, bikin satu blog lagi yang saya niatin untk berbagi ilmu dan aneka informasi, juga buat latihan nulis. Doakan bisa dpt pagerank juga yaaaa :) Jangan lupa mampir n follow yaaa ... :) http://DiaryInspirasi.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti isi tulisannya menarik dan banyak disukai. Lanjutkan saja mbak Elka.
      Segera ke tkp aah.

      Hapus
  7. Gak kepikiran tentang page rank , tadi di cek 0/10 tu apa maksudnya? google gak kenal ya.. hiks :(

    terimakasih postingan nya mbakk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga usah terlalu dipikirin Nova. Nulis aja yuuk.
      Trimakasih kembali :)

      Hapus
  8. Dulu sebelum ganti domain PR thesulistyawan udah 2 Bun, begitu ganti domain berbayar jd nol ...hiks
    Sempet merasakan kegalauan yg Bunda rasakan saat ini..tapi live must go on kan
    Kalo galau trus malah gak beranjak dr tempat semula
    Mengingat tujuan awal ngeblog dulu apa..dan setelah itu gak kepikiran lagi :)

    Ayo Bun sama2 semangat ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Esti, kita kembali ke tujuan awal ngeblog. Berbagi pengalaman dan sedikit ilmu rasanya lebih menyenangkan.

      Okeee mbak Esti, mari kita semangat!

      Hapus
  9. Suka banget daach, PR yang turun diversusin sama kualitas ibadah. Yang ini yang aku demen rajin singgah di rumah mayanya...

    PRku masih NOL, hihiii...nothing to lose siiih, tapi kata suamiku...coba cari, tapi...ach, jalani saja dengan kuantitas dan kualitas ke depan, hihii.

    Salam
    Astin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu berusaha mengambil hikmah saja mbak Astin. Sebab masih banyak sekali kekurangan diri.

      Ayo ah kita nulis aja.

      Hapus
  10. kalo saya mah prinsipnya biarpun PR kita masih sedikit, yg penting kita bisa memberikan manfaat dari blog kita, dan bisa menjalankan itu smua dg konsisten.... (kaya g percaya saya bisa bijak kaya gini hehe).. semangat mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju! Biasalah galau2 dikit krn habis terima kenyataan yang tdk diharapkan. Tapi segera tersadarkan diri kok.

      Hapus
  11. balik ke niat awal ngeblog aja sih mbak kalau aku, gak mengejar PR :) kalau naik bonus buatku. Semangat trus ya mbak Niken

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak Lidya. Aku juga ga mengejar PR. Kalau memang iya sih pasti aku udah ngos ngosan.

      Hapus
  12. blog-ku juga belum punya PR mbak.... soalnya jarang silaturrahim :) eh tapi si kreasi titi kadang kadang muncul PR 1, alhamdulillah.
    Nah soal ibadah itu aku setuju mbak...Cukup di atas sajadah kita mengadukan kegalauan kita pada-Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kreasi Titi itu isinya kreatifitas yang tinggi. Pastinya banyak disukai.

      Mari kita bentang sajadah :)

      Hapus
  13. Memang sudah menjadi watak dasar manusia ya Bun, kala ada sedikit saja yg menghilang dr kita langsung resah, hehehe. Manusiawi kok Bun, yg penting hrs segera bangkit. Apalagi kalo yg terjadi penurunan itu kualitas keimanan kita, nah yg ini pantaslah kalo kita resah hehehe..#btw aku blm dapet pasangan nich Bun, ikut numpang ngiklan ya, bisi pny sdr/i yg msh single, aku lamar nich buat pasanganku ikut ngontes review blog versi Blogcamp. Sampe skrg blm laku lohh, pdhl aku rasa blogku cukup sexy, tulisan pertamaku tgl 28des 2012 dan awal feb 2013 dg hanya 9 postingan sudah dpt PR 1, trus pake keyword antonline di google search engine udah dilaman 2 atau skrg malah udah di laman 1. Kalo pake keyword anton kholiluddin mah di laman pertama hehehe...yuk sapa yg mauuuu...tks ya Bun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Anton, nggak berlama2 kok perasaan itu. Makanya langsung mengambil hikmahnya saja.

      Ada tuh mas Jaswan juga bilang belum dapat pasangan. Blog seksi? qiqiqi. ada-ada aja nih mas Anton :D

      Hapus
    2. Biar dilirik jadi bilang seksi hihihi...buatku sih ga tll penting PR, yg penting ngeblog aja, toh kalo konsisten juga dg sendirinya akan pny posisi bagus di search engine...yg penting tulisannya bermanfaat ya Bun, minimal buat diri sendiri...

      Hapus
    3. Betul banget mas Anton. Menuli dari hati untuk berbagi.

      Hapus
  14. bunda keren.. selalu menghubungkan semuanya sama Allah..

    kapan hari blogku juga gitu bund.. awalnya dapet pr 1, setelah ku domainkan jadi nol deh.. ya gapapa sich, asal ibadahnya ga mberosot :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarin om Google ga kenal kita, yang penting Allah selalu memberi petunjuk dan dekat dengan kita :)

      Hapus
  15. kagak pernah mikirin page rank mba, kalau aku ngeblog ya ngeblog aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang-kadang aja kepikiran, niat menulis tetap untuk berbagi, tapi kalau PR naik itu kan tandanya tulisan kita dibaca lebih banyak orang.

      Hapus
  16. keren nieh, ibu2 yang kreatif dan smart..

    BalasHapus
  17. wah bund sy ga paham separo ke atas, tapi menikmati separo kebawah :) "Bagaimana dengan ibadah?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saua juga enggak kok mas Topics, hahaha...

      Hapus
  18. Iya mbak, disaat resah kita suka lupa bahwa hanya dengan berserah kepada-Nya lah hati adan pikiran menjadi tenang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resah itu manusiawi kan? Tinggal bagaimana kita menyikapinya aja.

      Hapus
  19. Tapi, kalau tulisan untuk GA sudah tidak dipost di sini ya, Bund.
    Kan udah punya blog khusus untuk update GA,. . . :)

    Tetap semangat ya, Bund. Nulis rutin, insya Alloh cepat pecah telor. :)

    BalasHapus